Dua Persma Kampus Barat Bertemu, Kanaka dan Kertha Aksara PJTD Bareng

DENPASAR – Dua lembaga Pers Mahasiswa (LPM) di Kampus Udayana, yakni LPM Kertha Aksara dari Fakultas Hukum dan LPM Kanala dari Fakultas ilmu Budaya menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) bareng. Sabtu kemarin (10/12), menjadi hari terakhir PJTD, sejak mulai digelar dari tanggal 15 Oktober secara pararel.

 

Putu Yoko Sunarma Yasa, 20 selaku Ketua Panitia PJTD tahun ini mengatakan, kolaborasi dua LPM ini untuk menjalin hubungan yang lebih erat antara dua Lembaga ini. “Kampus kami sebelahan. Sama-sama punya pers mahasiswa. Kalau PJTD bareng kan lebih asyik,” terangnya.

 

Hal ini juga sesuai dengan tema PJTD, yakni Menilik Jurnalistik Asyik. Selain itu, PJTD ini juga sebagai kebangkitan dari LPM Kanaka yang lama vakum di kampusnya. “Ini pelatihan pertama, karena tidak ada anggota yang mendaftar dan juga perekrutan,” terang Dewadharu, 19 selaku Pimpinan Umum Kanaka kemarin.

 

Lanjutnya, kolaborasi ini menjadi pematik awal dan terus berlanjut kedepannya. “Saya sih beharap kedepan, kolaborasi ini dapat berkembang dengan organisasi persma lainnya agar lebih besar lagi,” terangnya.

 

Untuk materi, diantaranya ada terkait sejarah Pers Mahasiswa, dasar-dasar jurnalistik, penggalian data, teknik wawancara, teknik penulisan, fotografi jurnalistik dan manajemen organisasi.

 

Sedangkan, untuk pematerinya, ada dari berbagai kalangan, diantaranya aktivis Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia, Wartawan, Owner majalah Indrpendent dan Fotografer.

I Wayan Widyantara

Penulis adalah seorang Pers Mahasiswa LPM Kertha Aksara di Fakultas Hukum Universitas Udayana